-->

Friday, June 9, 2017

Mengenal Apa itu Clickbait



Clickbait adalah trik membuat judul yg sensasional agar pembaca penasaran dan mengklik judul/artikel berita tersebut yang tidak lain tujuannya adalah satu (1) menguasai desa konohagakure wkkwwkw menaikkan trafik website seseorang atau perusahaan.

Clickbait sebenarnya sih sah - sah saja asalkan artikel sesuai dengan judul yang di terbitkan, dijaman sekarang ini banyak sekali artikel - artikel yang mengandung unsur clikbait seperti halnya di media sosial facebook hampir tiap hari ada berita tentang inilah tentang itulah tapi tidak sesuai dengan kenyataan.

Namun yg jadi masalah adalah ketika trik ini digunakan oleh media berita.
Yg mana kita tahu bahwa membuat berita itu haruslah berdasarkan fakta dan jujur.
Tidak boleh berlebihan dan melanggar prinsip jurnalisme yaitu kejujuran sebuah berita.
Bahkan menurut beberapa senior jurnalis, clickbait ini judul berita yg menipu para pembaca, kadang judul dan isi beritanya tidak sesuai.

Orang yg membuat berita dgn judul seperti itu dianggap melanggar prinsip jurnalisme dan hanya membuat berita sampah.



nativeadvertising.com
Lalu, apa clickbait adalah sesuatu yang salah? Sebenarnya tidak, clickbait termasuk salah satu strategi marketing. Namun, seringkali disalahgunakan untuk meningkatkan profit. Anda sebagai pembaca harus pintar membedakan mana clickbait yang positif dan negatif. Ciri-ciri clickbait negatif antara lain judul terlalu bagus bahkan terkesan mustahil untuk menjadi kenyataan, hiperbola, terlalu heboh, memicu kontroversi. Seperti:
  • Ini tips mendapatkan ratusan juta dalam sehari
  • Astaga! Ternyata buah ini berbahaya jika di konsumsi!
Bagian yang di tebalkan memperlihatkan bagaimana clickbait bekerja, kata-kata tersebut seringkali digunakan untuk mengundang rasa penasaran pembaca. Lalu, bagaimana cara menghindari clickbait? Sebagai pembaca, pastikan anda harus membaca dengan baik judulnya sebelum anda meng-klik berita atau artikel tersebut, jangan sembarang meng-klik jika terkesan berlebihan, kenali juga medianya, periksa kebenarannya, dan bentengi diri anda dari berita-berita yang tersebas luas di media sosial.

source tambahan: http://blog.docotel.com/2017/03/29/apa-itu-perangkap-clickbait/

Advertiser