-->

Friday, June 16, 2017

Tertukarnya Drive Partisi System C ke D



Malam ini saya akan membahas tentang drive partisi C yang tidak bisa di instal ulang alias stuck sasaat setelah instal ulang tidak bisa masukke menu start windows, saya jadi bertanya - tanya kenapa bisa terjadi seperti ini, berbagai macam aplikasi untuk booting saya coba. Saya Boot menggunakan Flash disk untuk instal ulang.


Setelah ber jam-jam saya cari permasalahnnya ada di Partisi hardisk saya, Drive system untuk windows berubah ke drive D tempat saya menyimpan file - file penting sehingga untuk meng-instal ulang windows seharusnya file system berada di C sebagai tempat bootable windows.

Permasalahannya adalah: Bagaimana memindahkan kembali file system ke drive C ???

Berikut adalah pengalaman saya cara mengganti/merubah partisi system dari drive D ke C (default).

1. Download minitool partizion wizard download
2. Bootable iso yakni saya menggunakan Rufus download
3. Buka aplikasi bootable Rufus kemudian pilih lokasi flash disk kita lihat gambar no 1, setelah memilih lokasi bootable masukkan minitool partizion wizard berformat iso ke rufus lihat gambar no 2 kemudian klik start.

4. Masukkan Flash yang sudah di bootable ke PC/Laptop yang bermasalh tadi, tekan f2 pilih flash disk anda. f10 lalu oke. pada saat masukdi mini tool partition wizard tekan enter untuk melanjutkan tunggu hingga aplikasi mulai muncul, akan muncul tapilan seperti ini.

sumber: FileHippo.com

Saya ilustrasikan seperti gambar di atas, yang saya dapat dari filehippo.com.
Pada gambar yang ditunjuk oleh tanda panah klik kanan lalu pilih "set as active" sudah, kemudian "apply" setelah itu close minitool partision wizard dan coba kembali instal ulang.

boooom .... Done akhirnya bisa masuk ke menu start windows,
Yeeeeee...!!!!

Advertiser