-->

Saturday, May 18, 2019

Aneka Takjil Yang Menggugah Selera di Bedugul

    Di Bedugul seperti yang kita ketahui adalah salah satu tempat pariwisata favorit keluarga. Dengan anugerah keindahan alamnya menjadikannya daya tarik tersendiri bagi para wisatawan lokal maupun manca negara... 

     Namun kali ini kita tidak akan membahas tentang keindahan alam Bedugul. Tetapi kita akan bergeser sedikit kepada lingkup masyarakat sekitar yang hidup saling berdampingan antara masyarakat hindu dan muslim di daerah ini.. 

    Masyarakat muslim disini sejak abad ke -17 masehi sudah hidup membaur dengan masyarakat hindu. Masyarakat setempat menyebutnya menyame beraye atau semeton muslim (saudara islam) . 

    Nah, kali ini saya mencoba untuk berbagi aneka takjil yang ad di Bedugul ini di bulan Ramadhan. Bukan hanya masyarakat muslimnya saja yang antusias dengan adanya kuliner jalanan setiap sebulan setahun ini tetapi begitu pula masyarakat hindu, mereka sangat menyukai jajanan yang jarang ditemui di hari - hari biasa selain hari di bulan Ramadhan. Apa saja aneka takjil yang bisa kita nikmati di Bedugul ? Let's check it out ;) 

1. Es Kelapa Muda


    Es kelapa muda atau masyarakat sekitar menyebutnya  es kuud adalah jenis minuman yang jarang ditemui di Bedugul selain di bulan Ramadhan. Maklum saja disini tidak ada pohon kelapa :) . Meskipun udara di Bedugul ini dingin namun masyarakat tidak ingin melewatkan berbuka dengan es kelapa muda yang menyegarkan diminum setelah sehari penuh berpuasa. 

2. Es Campur


    Seperti layaknya es campur di berbagai tempat di seluruh nusantara es campur selalu menjadi buruan yang mesti ada untuk menemani saat berbuka. Dengan perpaduan berbagai jenis buah, kolang - kaling dan agar - agar menjadikan minuman ini pilihan favorite keluarga. 

3. Bubur Injin ( Bubur Ketan Hitam)


    Selain aneka es, bubur injin yang lezat disajikan hangat - hangat juga merupakan salah satu takjil idaman keluarga di Bedugul. Bubur injin terbuat dari ketan hitam diolah menjadi bubur ini lezat disajikan dengan guyuran santan manis.

4. Bubur Sumsum


    Bubur sumsum yang terkenal di Bedugul adalah bubur halus yang memiliki citarasa yang khas pandan dan disajikan dengan parutan kelapa muda dengan tuangan air gula aren menjadikannya cocok untuk menu buka puasa.

5. Kolak Pisang


    Kolak pisang disini juga sangat pas untuk berbuka puasa di Bedugul yang berudara dingin.

6. Bubur Mute

    Olahan ubi jalar dan pisang disertai biji mutiara yang berkuahkan santan manis ini juga wajib menemani buka puasa di Bedugul.

7. Kacang Hijau


    Kacang hijau juga menjadi salah satu kesukaan masyarakat Bedugul . Kudapan ini sangat enak dinikmati saat berbuka puasa.

8. Laklak

    Laklak merupakan sebutan untuk kue serabi di Bedugul. Secara umum Laklak yang disediakan di sini biasanya disajikan dengan parutan kelapa diatasnya lalu dituangkan beberapa sendok gula jawa. Namun terkadang ada juga yang menyediakan laklak layaknya kue serabi  di Nusantara yang berkuahkan santan dengan sedikit aroma daun pandan.

9. Pisang Rai

    Penganan yang satu ini merupakan penganan khas Bali. Di Bedugul sendiri pisang rai biasa menjadi menu sarapan yang tersedia di warung - warung. Bahan utama pisang rai yaitu seperti namanya adalah pisang dengan balutan adonan tepung yang diberi pewarna makanan berwarna kuning lalu dikukus ini, seperti laklak juga disajikan dengan parutan kelapa dan guyuran gula aren. Teksturnya yang lembut membuatnya menjadi favorite banyak orang di Bedugul. Pada moment puasa seperti ini kue ini juga menjadi pilihan untuk menu berbuka puasa.

10. Lukis

      Lukis adalah penganan yang terbuat dari ketan yang dikemas dengan daun pisang lalu dibentuk segitiga. Makanan ini seperti yang lainnya juga disajikan dengan parutan kelapa dan tetesan gula jawa :) .

11. Kukus

      Seperti namanya kukus merupakan makanan yang dibuat dari olahan ketan baik itu ketan hitam maupun ketan putih. Untuk olahan ketan putih mempunyai dua varian rasa dan cara pengolahannya pun berbeda. Varian pertama kukus ketan putih yang diolah tidak dengan campuran gula jawa. Varian ini sama dengan kukus hitam, disajikan dengan parutan kelapa dan gula merah. Sedangkan varian kukus ketan putih yang kedua diolah dengan dicampurkan gula jawa sebelumnya lalu kemudian dikukus. Penyajiannya hanya memakai parutan kelapa tanpa guyuran gula aren lagi :) .

12. Kukus Balu

      Kukus balu adalah adonan tepung beras dengan paduan santan dan daun pandan. Umumnya penganan ini berwarna hijau dan dibentuk bulat memanjang atau kotak memanjang lalu di kukus. Penganan ini biasanya disajikan setelah di iris tidak terlalu tipis dan juga tidak terlalu tebal. Seperti penganan yang lainnya, kukus balu juga dinikmati dengan parutan kelapa dan guyuran gula jawa.

13. Kelaudan

      Penganan satu ini terbuat dari tepung tapioka yang dibalut dengan daun pisang kemudian dikukus. Penyajiannya sama dengan kukus balu, dipotong - potong dahulu lalu dihiasi dengan parutan kelapa dan gula aren yang sudah dikentalkan.

14. Bulung ( Agar - Agar Rumput Laut)

     Tidak seperti agar - agar pada umumnya, Bulung di Bedugul memiliki cita rasa yang khas karena diolah dari rumput laut asli dan dicampur dengan gula merah atau gula aren. Bulung biasanya disajikan dengan parutan kelapa. Tidak setiap hari Bulung bisa didapatkan di sini, hanya di bulan Ramadhan Bulung yang khas ini bisa ditemui. Bulung adalah salah satu incaran untuk berbuka puasa. Orang - orang biasanya berlomba untuk bisa membelinya. Terlambat sedikit saja bisa - bisa kita tidak akan dapat karena saking larisnya Bulung yang satu ini. 

    Selain aneka takjil yang terpapar diatas, masih banyak lagi aneka kue dan jajanan yang tersedia bukan hanya di warung - warung saja tetapi setiap tahun sebulan penuh jalanan di pintu masuk akses ke Kebun Raya Eka Karya Bali ini menyediakannya mulai pukul 14.00 sampai selesai. 

    Nah itulah sedikit tentang aneka takjil di Bedugul. Selamat berpuasa bagi yang menjalankan. Dan jangan lupa dari banyaknya takjil yang tersedia alangkah baiknya sebelum mencicipi semua itu kita berbuka dengan kurma atau kalau tidak ada dengan air putih saja , setelah itu silakan mencicipi apa saja yang kita sukai... selamat beraktivitas :)

Advertiser