-->

Tuesday, August 27, 2019

O3 / OZON DAN MANFAATNYA

                                                 


O3 atau ozon merupakan suatu gas yang memiliki tiga molekul oksigen dan amat berbahaya bagi kesehatan manusia. Secara alamiah, ozon dihasilkan melalui pencampuran cahaya ultraviolet dengan atmosfer bumi dan membentuk suatu lapisan ozon pada ketinggian 50 kilometer. 

Ozon berada dibawah statosfer di antara 15 -30 km  di atas permukaan bumi dan dikenal sebagai lapisan ozon. Ozon terbentuk dari berbagai persenyawaan kimia, tetapi mekanisme utama penghasilan dan perpindahan dalam atmosfer adalah penyerapan tenaga sinar ultraviolet (UV) dari matahari. 

Ozon di muka bumi terbentuk oleh sinar ultraviolet yang menguraikan molekul O3 membentuk unsur oksigen. unsur oksigen bergabung dengan molekul yg tidak terurai membentuk O3, dan kadang kala bergabung dengan N2 untuk membentuk nitrogen oksida yang apabila bercampur dengan cahaya mampu membentuk ozon. Begitulah O3 atau ozon menurut wikipedia. 

Seperti halnya suatu penciptaan, ozon memiliki efek yang positif  maupun negatif trgantung pergerakan dari ozon itu sendiri.Ozon yang berada jauh diatas atmosfer bumi akan menguntungkan bagi kehidupan, namun semakin dekat ozon dengan permukaan bumi akan semakin berbahaya juga bagi kehidupan.  Menurut beberapa penelitian ozon amatlah bermanfaat bagi kesehatan maupun keberlangsungan kehidupan yang ada di muka bumi. Salah satu fungsi ozon adalah melindungi planet bumi dari radiasi ultraviolet yang berbahaya.

 Clark Thorp, Ph.D., MD menyatakan bahwa, "Penyelidikan otoritatif baru-baru ini menetapkan, bahwa ozon murni tidak mengandung racun dalam konsentrasi yang besar yaitu 20 atau 50 bagian per mililiter udara." 
 Menurut F.B. Carpenter, MD ,"Ozon benar-benar tidak  berbahaya bila digunakan dengan benar. Kami telah menunjukkan hal ini selama bertahun-tahun pada pasien dari segala usia."  

Ozon dikenal memiliki sifat disinfektan yang paling kuat dan oksidan. Ozon dapat membunuh bakteri E-coli lebih dari 3.000 kali lebih cepat dari klorin. 

Manfaat lainnya dari ozon bagi kehidupan ialah sebagai berikut; 

1. Manfaat dalam  bidang kesehatan
Lapisan ozon dapat menyerap sebagian besar sinar matahari ultraviolet yang dikenal dengan UV-A dan UV-B. Radiasi dari kedua paparan sinar matahari ini amat berbahaya bagi kesehatan manusia terutama pada kulit yang dapat menyebabkan kanker mematikan, melanoma, dan penuaan dini. oleh karna itu ozon berperan penting sebagai tabir surya bumi yang menyerap sekitar 98 persen dari sinar UV.
Beberapa manfaat lapisan ozon bagi kesehatan seperti;
a. Mencegah kanker kulit
 b. Mencegah katarak. Radiasi sinar ultraviolet juga mempengaruhi kesehatan mata
.
Saat ini ozon telah dikembangkan  dalam bidang pengobatan, dengan metode terapi ozon. Terapi ozon adalah pilihan pengobatan alternatif dengan menggunakan ozon yang bertujuan untuk menambah kadar oksigen di dalam tubuh. Studi di laboratorium menunjukkan, ozon dapat menghambat pertumbuhan virus, bakteri, protozoa dan jamur. Selain itu, terapi ini dianggap dapat menstimulasi metabolisme oksigen serta mengaktifkan sistem kekebalan tubuh.Terapi ini dapat dilakukan untuk berbagai pengobatan, diantaranya yakni;

a. Terapi ozon untuk pengobatan nyeri punggung bagian bawah
b. Terapi ozon untuk pengobatan tumor dan kanker
c. Terapi ozon untuk perawatan luka diabetes
d. Terapi ozon untuk pengobatan gigi
e. Terapi ozon untuk pengobatan penyakit SARS (penyakit saluran pernapasan akut)

2. Manfaat dalam bidang industri makanan
Menurut Myron James , manajer teknologi pusat, menyatakan bahwa, "Ozon sangat efesien dalam membunuh patogen dan organisme pembusuk, sehingga ozon dapat dimanfaatkan dalam industri makanan yaitu sebagai alat untuk memastikan produksi makanan yang aman dan sehat." lapisan ozon digunakan juga dalam mesin pendingin untuk mempertahankan kesegaran bahan makanan seperti daging agar tahan lama.

3. Manfaat dalam bidang pertanian
Radiasi UV-B juga mempengaruhi proses fisiologi dan perkembangan pada tanaman. perubahan bentuk tanaman, pendistribusian nutrisi, waktu fase perkembangan dan metabolisme skunder dipengaruhi secara tidak langsung oleh sinar UV-B. Hal ini berbahaya karna dapat menyebabkan penyakit tanaman juga biogeokimia dapat terimplikasi olehnya.

4. Pemurnian air 
Di Prancis, pada tahun 1840-an ozon digunakan sebagai alat pemurnian air. Mereka mengganti klorin yang diketahui menyebabkan berbagai penyakit, seperti gangguan hidung, iritasi mata bahkan kanker.

5. Menghilangkan polusi udara dalam ruangan
Beberapa ilmuan menyatakan bahwa adanya kemungkinan untuk menghasilkan ozon secara elektronik untuk perlindungan terhadap polusi udara dalam ruangan dan air, yaitu dengan menciptakan generator portabel yang dirancang untuk membersihkan udara diseluruh rumah.

6. Pengusir bau
Bau asap dari pembakaran, bau hewan peliharaan, bau tembakau dan bau-bau lainya yang sering ditemukan di tempat-tempat umum dan sulit dihilangkan ini, dapat diatasi dengan ozon. 

Itulah definisi O3 atau ozon beserta manfaatnya bagi kehidupan di bumi yang dilansir dari berbagai sumber.



Advertiser